Kamis, 16 Maret 2017

MENGENAL DUA MACAM MAQIM

0 komentar

Dalam ILMU TAUHID dikenal dua macam maqam:
1). MAQAM FANA,
Yaitu : memandang dan bermusyahadah tentang EMPAT
perkara =
"TAUHIDUL AF'AL, TAUHIDUL ASMA, TAUHIDUS SIFAT
dan TAUHIDUDZ DZAT".
2). MAQAM BAQA.
Terdiri dari
SYUHUDUL KATSRAH FIL WAHDAH,
Yang Artinya
"memandang yang banyak di dalam yang satu".
Dan SYUHUDUL WAHDAH FIL KATSRAH,
Yakni memandang yang satu di dalam yang banyak.

MAQAM BAQA lebih tinggi dan lebih mulia daripada
MAQAM FANA. Karena, MAQAM FANA akan binasa dan
lenyap di bawah AHDIYYAH ALLAH, sedangkan MAQAM
BAQA adalah MAQAM yang tetap dan kekal di dalam
WAHDIYYAH ALLAH.
Selain itu, MAQAM FANA adalah MAQAM dari pandangan,
bahwa
TIADA YANG MAUJUD KECUALI ALLAH,
sementara MAQAM BAQA adalah MAQAM dari
pandangan, bahwa ALLAH dan QAYYUMIYYAH-NYA
senantiasa menyertai setiap ZARRATTUL WUJUD (bagian
terkecil dari wujud), yang berarti Ia QAIM (berdiri) di
atas segala Wujud.
MAQAM BAQA dinamakan juga MAQAM TAJALLI,
ZHUHUR (penampakan), dan MAQAM.

Penjelasan lebih lanjut mengenai MAQAM ini, dapat
dilihat dari kalimat-kalimat berikut:
"AKU TIDAK MELIHAT SESUATU MELAINKAN
AKU MELIHAT ALLAH BERSAMANYA."
"AKU TIDAK MELIHAT SESUATU MELAINKAN
AKU MELIHAT ALLAH DI DALAMNYA."
"AKU TIDAK MELIHAT SESUATU MELAINKAN
AKU MELIHAT ALLAH SEBELUMNYA."
"AKU TIDAK MELIHAT SESUTU MELAINKAN
AKU MELIHAT ALLAH SESUDAHNYA."

MAQAM BAQA tidak dapat dicapai kecuali telah melewati
MAQAM FANA.
Dengan kata lain, MAQAM BAQA merupakan MAQAM
yang dihasilkan dari MAQAM FANA.
Karena dihasilkan dari MAQAM FANA, maka MAQAM
BAQA tidak lain daripada FANAULFANA (lenyap dalam�

kelenyapan), yang dicapai setelah fana

Leave a Reply

KENZIA & KENZIE. Diberdayakan oleh Blogger.